Ban Tubeless Rembes? Ini Penyebabnya

Mercari penyebab ban motor tubeless yang tak jarang bocor alus (rembes) - Selamat pagi sobat portal kobar,di pagi yang cerah ini seolah memberbagi tambahan semangat untuk kami semua yang bakal mengawali rutinitas yang terkadang membosankan.

Tetapi semua itu bakal dirasa terganggu ketika alat transportasi pribadi terutama motor kami mengalami bocor ban,pastinya faktor ini bakal menghambat aktifitas kita.

Ban Tubeless Rembes Ini Penyebabnya

Oleh sebab itu dalam pembahasan ini bakal saya berbagi berbagai trik dan tutorial mengenal ban motor tubeless yang tak jarang kempis dikarenakan bocor alus yang kami sendiri tak tau dimana titik kebocorannya.

Kita ketahui bersama bahwa ban tubeless yaitu ban yang tak memakai ban dalam,apabila ada sedikit saja lubang angin maka dampaknya ban bakal kempes,rembes alias biasa disebut bocor alus.

Maka dari itu kami butuh mengenal penyebab dan tutorial menanggulangi faktor ini,caranya pun sangat mudah sobat dapat mempraktekannya dirumah.

Bila kebetulan sobat disini sempat mengalami faktor semacam ini yaitu ban motor rutin rembes dan bolak-balik ke tukang tambal ban untuk mengisi angin sebaiknya periksa dengan akurat apa yang menyebabkan faktor ini dapat terjadi.

Cara Mengtasai Ban Motor Tubeless yang rembes

Baiklah sobat langsung saja kami ke inti dari pembahasan ini untuk lebih jelasnya perhatikan baik-baik uraian yang bakal saya berbagi dibawah ini,semoga berguna ya sobat.

Ada 3 penyebab yang mengdampakkan ban motor tubeless sobat tak jarang rembes yaitu:

1.Velg Kotor
Poin pertama yaitu kondisi velg yang kotor,velg cw (casting wheel) terbukti tak berkarat,tetapi demikian kotoran yang menempel di bagian dalam velg yang dikarenakan oleh ban lama atau,sisa cat velg alias dari kotoran lain yang menyumbat di bagian dalam velg persisnya yang menempel langsung dengan ban tubeless yang menentukan keluar tidaknya angin dari dalam ban,apabila faktor ini terjadi yaitu kondisi dalam velg yang kotor kemungkinan angin dari dalam ban dapat keluar sedikit demi sedikit yang mengdampakkan ban motor rembes.

Lalu bagaimana tutorial menanggulangi persoalan ini?

Penyebab ban motor tubeless yang bocor dikarenakan dari velg yang kotor sobat dapat meperbuat yang sangat simple semacam membersihkan velg.

Sebelum mengganti ban dengan yang baru alias cocok seusai ban lama terlepas dari velg gosok bagian dalam velg memakai sikat kawat hingga bersih,ada baiknya sobat sedikit meraba permukaan velg untuk memastikan telah bersih dan kotoran telah rontok oleh sikat kawat,apabila telah yakin bersih langsung saja sobat cuci dengan ari sabun hingga bersih kemudian lap velg yang telah dibersihkan tadi.Sampai bagian ini telah berakhir kini sobat langsung saja pasang ban motor tubeless yang baru.

Ban baru telah berakhir dipasang langsung saja di isi udara dan ada poin yang sangat penting dalam faktor ini yaitu kembali menonton kembali kondisi pinggiran velg pastikan tak ada udara yang keluar,caranya isi udara hingga sangatlah terisis penuh alias ban dalam kondisi keras kemudaian cek memakai air sabun,apabila ada udara yang keluar mesikipun sedikit tentu bakal terkesan,apabila tak ada udara yang keluar dari pinggiran velg maka dapat dipastikan pemasangan ban telah sempurna.

2.Karet pentil tubeless rusak
Poin berikutnya yang menyebabkan ban tubeless tak jarang rembes dapat juga dikarenakan kondisi pentil tubeless yang telah rusak,biasanya ini terjadi pada pentil tubeless logam dengan dua karet seal.

Mengapa hanya terjadi pada tipe pentil tubeless logam bukan tipe pentil tubeless karet semacam bawaan motor.

Jenis pentil tubeless logam baik itu tipe pentil tubeless bukaan dalam maupun bukaan luar keduannya memakai dua karet seal yang bermanfaat untuk menahan udara keluar.

Yang menjadi persoalan merupakan karet seal ini tak jarang kali rusah apabila dalam pemasanganya tak benar,kerusakan pada karet seal ini diantaranya karet seal retak dikarenakan usianya telah lama alias dapat juga dikarenakan karet seal bedah meskipun tetap dalam kondisi baru dikarenakan pemasangan yang tak benar alias pemasangan baut yang terlalu kencang yang mengdampakkan karet seal robek.

Untuk mengenal karet seal dalam kondisi keren alias tak sobat dapat memeriksanya denga memberbagi sedikit air sabun ken permukaan karet pentil tubeless dan lihat apakah ada udara yang keluar dari sela-sela karet tersebut,apabila nyatanya ada udara yang keluar maka dapat sipastikan karet seal telah rusak.Apabila faktor ini terjadi sebaiknya ganti karet seal pada pentil tubeless dengan yang baru dan pastikan tak ada udara yang keluar semacam di awal tadi.

Owh iya sobat tak hanya mengganti karet seal yang rusaknya saja sebaiknya bersihkan juga velg terutama di sekeliling lubang pentil bagian dalam,biasanya bagian ini tak jarang kali kotor yang dikarenakan ada air yang masuk dari luar.

3.Ban Tubeless tertusuk benda tajam
Berikutnya ban tubeless yang tak jarang rembes dapat juga dikarenakan sebab ban tertusuk benda tajam semacam paku,kawat dan benda tajam lainnya.

Tidak semacam ban biasa,ban tubeless bila tertusuk benda tajam udara dari dalam ban tak bakal langsung habis terbuang,dalam artian udara tetap keluar tetapi sedikit demi sedikit dan terkadang udara tak keluar sama sekali padahal paku sangatlah menacap,inilah yang menjadi kelebihan ban motor tipe tubeless.

Apabila sebelumnya sobat telah meperbuat dua tutorial yang telah saya sebutkan diatas tetapi kenyataanya ban tetap saja rembes,kemungkinan pin ketiga inilah yang menjadi penyebabnya.

Cara menanggulangi persoalan ini sama saja semacam pin satu dan dua yaitu dengan memeriksa memakai air sabun,pastikan ban dalam kondisi keras terisis angin untuk lebih mempermudah pengecekan titik rembesnya ban.Apabila telah ditemukan maka solusinya merupakan menambal ban yang rembes tadi ke tukang tambal ban.

Bagaiman sobat,mudah bukan mengenal penyebab ban tubeless yang tak jarang rembes,dari ketiga tutorial tersebut ada kesamaan perbuatan pertama yang wajib diperbuat yaitu memeriksa memakai air sabun,ada baiknya sobat meperbuat tiga poin diatas sekaligus untuk lebih meyakinkan dan titik yang rembes dapat lebih mudah ditemukan.

Itulah tiga penyebab ban motor tubeless rembes dan tutorial menanggulanginya,semoga trik yang saya berbagi ini berguna untuk sobat yang sedang kebingungan menanggulangi ban motor sobat  yang selalau tak lebih angin dikarkenakan bocor alu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Penyebab Ban Motor Goyang Dumang serta Geol-geol

Diet Sehat dan Praktis Dengan Pola Nasib Yang Benar

Trik Memilih Ban Motor Bernilai Untuk Kendaraan Anda